giovedì 30 aprile 2009

Almost Lost : Blue Card

Kamis, 30 April 2009. Nampaknya akan seperti hari-hari yang biasa saja. Tapi gw salah. Hari ini ada peristiwa yang tidak biasa namun bisa dianggap biasa2 saja karena predikatnya mungkin tidak "Wah" atau "Yah", tetapi malah bisa jadi "Wahahaha" atau bahkan "Yah elaaah". Dan kalo kata pepatah "Fools makes the same mistakes when he get fall into the same deep damn hole twice," maka gw bukanlah termasuk di dalamnya, karena jatoh ke lobang yang berbeda. Haha.

Jadi tadi siang sekitar jam 1 gw berangkat ke kampus. Masuk kampus harus bayar 2000 karena gw udah gak nempel stiker langganan lagi smester ini. Oke, gw jalanin walaupun terbilang gak hoki karena ketemu tukang karcisnya bukan si mbak2 cantik nan baik hati ato si Emod kumis yang bermurah hati untuk langsung memberikan si 'kartu biru' berlambang makara sebagai tanda masuk parkir mobil. Bayar 2000, otomatis dapet kartu biru berbahan plastik dan secarik kertas kuning kalo nanti mau masuk lagi biar gak bayar.

Gw ke kampus buat ngembaliin buku dan minjem buku. Satu dari perpus dan satu lagi dari temen. Jam 2an gw udah bisa pulang sebenernya, tapi ke kober dulu dengan niat beli dvd kosong. Tapi ujung2nya ke ujung gang Sawo itu buat beli dvd film. Sampe sana gw ngiler liat beberapa film, tapi mengingat skripshit belom kelar juga, niat diurungkan. tapi ketika niat hendak diurungkan, si mas dvd langganan gw itu bilang kalo besok harganya naek jadi 8 rb satu kalo 2 jd 15rb. Waduh,,,,,niat tidak jadi diurungkan sodara... Langsung gw samber film2 tadi.

Dan,,pas buka dompet,, twew! Duit gw seribuan beberapa lembar saja. O no! O no! (baca:o tidak; bukan : ono noh!) Saat itu dengan lebay gw sok ber-feeling kayaknya hari ini gw bakal tersandung kecil-kecilan pada beberapa hal yang akan gw jalani. Nah ini dia yang salah. Sok ber-feeling! Sok ber-spekulasi pikiran pula!

Untungnya ada temen gw si Bowo yang bak malaikat meminjamkan uangnya buat kepentingan tidak penting gw itu. Ya ampun. Keji banget ga sih gw? Oh, tentu tidak. Sebab ternyata gw baru inget dia juga nitip foto kopiin buku yang gw pinjem seharga PAS BANGET dengan harga dvd-dvd yang gw beli saat itu. Impas Bow! Thx anyway.

Abis dari kober, gw berniat ngambil duit di atm. Maka gw ke atm yang masih berlokasi di dalam lingkungan kampus. Gw pilih mipa. Pas ama bank gw. Meski jauh dari fakultas gw. Di bilik atm yang dingin dan harum, gw teringat bahwa gw harus transfer uang ke nyokap. Baiklah. Setelah masukin nomor pin, tiba2 atm-nya bilang bahwa gw harus ganti pin. Waduw. Alhasil gw cek ke orang bank-nya, katanya emang lagi ada pergantian digit nomor pin. Singkat cerita, masalah per-pin-an selesai, transfer kelar walaupun dengan bolak balik atm-bank-atm.
Tapi apa yang lupa sodara2??? Yak benar. Lupa ngambil duit. Dan gw baru sadar ketika dalam perjalanan pulang untungnya masih di dalam lingkungan kampus, tapi udah jauh dari mipa. O no! O no!

Yang ini gw coba selesaikan dengan "yaudahlah,besok kan bulan baru. Hehehe".
Tapi nasib berkata lain.
Sesampainya di gerbatama gw mo nyerahin kartu parkir yang berwarna biru toska itu ke satpam, dan gw meraba2 tempat dimana gw biasa meletakkan kartu itu. Tiba2 nihil. Waduw. Kemana pula itu kartu. Dengan sok tenang pas giliran gw buka kaca jendela, senyum manis ke satpam, dan berkata "Pak, belom ketemu nih kartunya. Bentar ya.."
Gw minggir ke kiri. Si satpam jalan kaki ngikutin dimana mobil gw merapat. Tampangnya datar banget. Gw mulai kelabakan nyari2 itu kartu di manapun yang bisa gw cari. Namun hasilnya Nol!!!! O no! O no!

"Kalo ilang gimana pak?"tanya gw.

"Denda 50 ribu Mbak" jawab satpamtampangdatar.

O no! O no! Busyeee adanya seribuan 5 lembar di dompet gw ini..

"Kalo nggak Mbak cari dulu aja"

"Kayaknya gak ada nih pak, duit juga ga ada"

"wah gimana ya Mbak..."

"Coba saya masuk lagi deh ke dalem, ambil duit dulu."

"Oke, tapi KTP Mbak-nya saya tahan dulu ya"

"Iya sip"

"Nanti mintanya KTP aja pas masuk, jangan kartu"

"Okeh"

Pasrah dah gw...

Prosedur berjalan seperti yang sudah dibicarakan pada dialog sebelumnya. Gw memasuki lingkungan kampus lagi dengan muka ungu sambil meminta KTP di loket karcis masuk kampus. Terheran2 dimanakah kartu itu berada saat ini. Usaha mencari di mobil sudah maksimal. Gw cuma bisa pasrah kepada Allah swt dan mulai nyebut kalimat tasbih dan salawat nabi, sambil berharap itu kartu nongol ke permukaan di depan mata gw.

Next destination tentunya ATM, tapi kali ini lebih dekat, di psikologi. Berhasil ambil duit buat denda yang sebenarnya kurang ikhlas jika harus gw serahkan. Hix. Tapi pas keluar psikologi, gw tiba2 pengen balik ke tempat dimana gw hari ini parkir. Lalu menapaktilasi kemana aja hari ini gw berjalan kaki. Siapa tau bertemu si kartu biru.

Dan bener aja... dalam upaya pencarian, si kartu biru toska mencuat dibalik rerumputan hijau deket fakultas gw. Waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaw berhasil berhasil berhasil hore! (dgn aksen dora)

Rasanya pengen sujud syukur, tapi kan konyol di tempat umum, di rerumputan pula, banyak orang pula. Akhirnya gw balik lagi ke satpamtampangdatar dan memasang senyum segembira mungkin bahwa gw gak jadi nyerahin 50rban gw ke tangan dia. Hahaha. Sori brur.
Dan gw berhasil keluar kampus dengan lega sambil nyengir lebar.

Next destination is photo copy deket rumah. Berniat moto kopi buku temen menjadi 3 kopi, satu buat dosen pembimbing yang nitip, satu buat bowo yang nitip juga, satu buat gw. Sampe sana, mas-mas foto kopi-nya bilang,

"wah mesin kita udah tua, moto kopi yang warna ginian kurang nyata"
Sebabnya lembaran2 dalam buku itu ada yang background-nya berwarna. Pas di-tes selembar,,emang bener kurang kereng warna tulisannya jadinya. Tapi beliau kemudian ngasi saran buat ngopi di tempat kopi digital di perempatan. Lagi-lagi tempat yang baru tadi gw lewati akan menjadi next destination gw.

Aaaargh.....

Akhirnya gw balik lagi ke perempatan untuk ngopi tuh buku.
Sambil berharap fenomena "bolak balik" gw hari ini akan segera berakhir.

Setelah gw inget2, hari ini gw menjalani kekonyolan fenomena "bolak balik ke tempat yang sama gara2 tersandung hal kecil yang cukup menyita waktu dan bikin gerah" adalah sebanyak 3 kali. Itu setelah gw sok ber-feeling waktu kehabisan duit buat beli dvd.

Jadi, pesen gw adalah :

1. Ucapkan salawat nabi atau tasbih ketika anda sedang kehilangan barang dan mencarinya. Or even when you have no idea where the heck it is. Niscaya Allah swt akan selalu membantu hambanya bahkan di saat terakhir pun.

2. Kepanikan disertai muka ungu, ijo, apalagi biru tidak akan membawa anda pada penyelesaian masalah. Maka berusahalah tenang dulu dan tarik napas sebisa2nya agar relax sejenak.

3. Jangan sok ber-feeling, berintuisi, bernujum, dan sebagainya tentang kesialan yang akan menimpa anda hari ini, besok, dan masa depan. Tetaplah optimis dan berdoa.

Sekian.

*****

2 commenti:

Mirzal Dharmaputra ha detto...

Kalo kata Naif :

"Aku Ingin Uang Segudang..!!!"

Jadi seharusnya hikmahnya adalah :
Dengan uang, segalanya bisa menjadi lebih mudah..


heheheee....

Awe ha detto...

hari yg hectic rupanya, tapi lo masih mending zar, gw udah 2x ngilangin kartu parkir motor di fisip. 1 kartu = 20rb..

ntar kalo ilang lagi gw solawatan ama bertasbih deh biar ketemu hehe.. (smg jgn ampe ilang lagi)